image

Cingebul.desa.id – Belalang merupakan jenis serangga yang sebagian besar para petani menganggapnya sebagai hama yang merusak tanaman dan tidak bergizi apalagi berprotein, padahal menurut penelitian belalang goreng mengandung kandungan protein, lemak calsium dan zat besi.

Dimusim pasca panen padi, warga Desa Cingebul memanfaatkan belalang dengan cara ngobor atau menangkap belalang dimalam hari dengan penerangan obor yang sekarang sudah beralih menggunakan lampu senter tetapi namanya masih tetap ngobor. Biasanya belalang itu hinggap di batang padi yang telah dipanen atau direrumputan.

Kalau lagi musim belalang, dalam waktu dua jam bisa mendapatkan satu derigen ukuran 2,5 liter, tutur Kasirun warga Grumbul Purbakerta RT 02 RW 03 Desa Cingebul.

Belalang goreng sangat lezat dan enak bila digoreng garing dengan bumbu bawang putih, bawang merah, cabe, garam dan gula jawa. Saya kalo makan walang tidak kenyang-kenyang atau nambahnya tidak sekali bahkan bisa dua atau tiga kali, tutur Cahyeni warga Desa Cingebul yang doyan banget sama belalang goreng.

Penulis Tofaneyeni