Cingebul.desa.id – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Cingebul Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas mengadakan gerakan mencuci tangan bersama menggunakan sabun.

Hari Mencuci Tangan Sedunia jatuh pada setiap tanggal 15 Oktober namun TP PKK Desa Cingebul melaksanakan peringatan tersebut pada hari Jum’at 14 Oktober 2016 yang bertempat di Balai Desa Cingebul bersamaan dengan pertemuan rutin PKK Desa.

Hari cuci tangan pakai sabun sedunia merupakan sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi lainnya baik pemerintah maupun swasta.

Ketua TP PKK Desa Cingebul Aeny Maftukhah Khusnadin mengatakan bahwa tujuan dari gerakan mencuci tangan dengan sabun adalah merupakan upaya memobilisasi masyarakat untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Disamping itu kegiatan tersebut mempunyai maksud sebagai upaya peningkatan pembangunan fasilitas sanitasi di desa karena akses air bersih dan sanitasi merupakan dasar penting untuk kehidupan anak-anak dari segi kesehatan, kelangsungan hidup dan juga menjadi salah satu cara untuk mencapai Millenium Development Goals (Tujuan Pembangunan Milenium).
Penulis Tofa