ebeg

Desa Cingebul ikut memperingati dan memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70. Panitia menggelar pelbagai kegiatan mulai dari perlombaan (anak-anak, dewasa, dan ibu-ibu penggerak PKK), malam tirakatan, upacara pengibaran bendera, karnaval, serta Panggung Hiburan Rakyat Seni Kuda Kepang (ebeg).

Kegiatan akan dimulai Sabtu, 8 Agustus 2015, yaitu cerdas cermat dan pidato bahasa Inggris tingkat sekolah dasar serta musabaqoh tilawatil quran (MTQ) santri madrasah diniyah.

Sedangkan, kegiatan para remaja akan dilaksanakan Minggu, 9 Agustus 2015, yaitu pertandingan sepak takraw, catur, dan tenis meja.

Tak kalah meriah, ibu-ibu PKK pun ikut memeriahkan dengan mengadakan pelbagai macam perlombaan seperti lomba masak tumpeng, miru kain, pidato ibu Rt/Rw, tabok air dan balap karung pada Kamis, 13 Agustus 2015.

Malam sebelum upacara pengibaran bendera Merah Putih diadakan Malam Tirakatan yang disi dengan tahlilan. Tujuannya yaitu mendoakan para pejuang yang telah gugur mendahului kita, khususnya para mantan-mantan Kepala Desa Cingebul yang bertempat di Balai Desa Cingebul.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih 17 Agustus 2015 bertempat di Lapangan Desa Cingebul (depan SLTP PGRI Lumbir). Selesai upacara bendera, kegiatan dilanjutkan karnaval dari Lapangan Desa Cingebul ke Pertigaan Penusupan, kemudian kembali ke Balai Desa Cingebul.

Peserta karnaval akan disuguhi kesenian kuda kepang sampai pukul empat sore. Malamnya, panitia akan membagi hadiah-hadiah dimeriahkan kesenian kuda kepang semalam suntuk.

Ketua Panitia, M. Ridlo Susanto sangat mengharapkan partisipasi aktif seluruh masyarakat sehingga semua kegiatan bisa terlaksana dengan lancar dan sukses. Dia berterima kasih kepada para mahasiswa KKN Unsoed Purwokerto yang ikut mendukung dan membantu kegiatan tersebut.  (Mustofa)