image

Cingebul.desa.id – Dalam rangka kegiatan pelatihan dan bimbingan pengoperasian teknologi peternakan tepat guna program peningkatan penerapan teknologi peternakan, Kelompok ternak kambing Wana Jaya Desa Cingebul Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas, Senin (14/3) mengadakan pelatihan pengolahan pakan complete feed.

Pelatihan pengolahan pakan tersebut dilatih oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas dan dihadiri oleh anggota kelompok ternak Wana Jaya sebanyak 20 orang.

Salah satu anggota kelompok, Ahmad Suyono mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan pelatihan bagaimana caranya membuat makanan ternak tambahan dengan cara fermentasi, yaitu campuran antara hijauan, dedek (bekatul), gaber, dan juga EM4 serta garam secukupnya.

“Kami berlatih membuat pakan lengkap untuk meringankan pekerjaan dan agar kambing sehat dan gemuk,” tuturnya kepada reporter cingebul.desa.id.

Sementara, Wasrun Rizal melanjutkan “Hijauan yang telah diaduk kemudian dimasukan kedalam drum selama duapuluh satu hari, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas yang telah memberikan 10 ekor kambing kepada kelompok pada bulan oktober 2014 dan kini kambing sudah menjadi 26 ekor,”.

Penulis Tofaneyeni