image

Cingebul.desa.id – Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Banyumas, Jawa Tengah mendukung upaya Desa Cingebul membangun sentra merica terpadu. Dukungan diwujudkan dengan rencana pemberian bantuan benih dan pelatihan budidaya merica.

“Kami siap memfasilitasi kebutuhan masyarakat Cingebul untuk membangun sentra merica terpadu,” ujar Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Banyumas, Wargianto, saat mengikuti outbond di perkebunan merica pada gelaran Festivalmrica Cingebul 6-7 Mei lalu.

Wargianto mengatakan Dinas Pertanian bakal menyediakan benih berkualitas dan pelatihan budidaya merica dalam tahu  anggaran 2016. Kendati demikian, sesuai prosedur, Pemerintah Desa Cingebul musti membuat proposal pengajuan.

“Ya semuanya harus ada prosedurnya. Namun intinya kami siap,” tegasnya.

Sementara, Kepala Desa Cingebul Khusnadin mengungkap direncanakan Cingebul tidak hanya menjadi penghasil bijih merica konsumsi saja, tetapi juga bisa menghasilkan benih berkualitas dan menjadi tempat rujukan pembudidaya merica.

“Cita-cita kami seperti itu. Bukan hanya hasil panennya saja. Tapi kami ingin agar petani merica bisa juga menjadi penyedia benih siap tanam yang sekarang banyak dibutuhkan,” kata Khusnadin.

Khusnadin menambahkan dalam jangka pendek, Desa Cingebul bakal mendirikan asosiasi petani merica agar memiliki daya tawar tinggi. Direncanakan asosiasi ini lah yang bakal menampung hasil panen agar bisa langsung dijual ke eksportir.

“Panen raya merica kemungkinan tiba pada Juli 2015. Mudah-mudahan saat itu kita sudah siap,” ungkapnya. (admin-r)