bal-balan final

Cingebul.desa.id – Tiga madrasah Diniyyah Desa Cingebul Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menggelar Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Diniyyah (Porsema), Minggu (26/4). Porsema dipusatkan di Lapangan Karanganyar desa setempat.

Ketua Panitia Porsema, M Wahyono mengatakan Porsema ini adalah bentuk silaturahmi santri empat madrasah diniyyah, dan dua TPQ yang berlokasi di wilayah berbeda. Porsema ini sekaligus untuk melatih santri agar memiliki jiwa kompetisi.

“Cabang dilombakan meliputi Imla’, kaligafi, puisi dua bahasa, pidato dua bahasa, Indonesia dan bahasa arab, murotal, dan sepakbola,” bebernya.

Cabang yang diperlombakan ini, kata Wahyono, adalah lomba yang biasa dikompetisikan di tingkat kabupaten dan provinsi. “Jadi sewaktu-waktu kalau ada lomba kabupaten Maddin Desa Cingebul sudah siap,” tambahnya.

Sementara, Ustadzah Maddin Miftahul Huda I Karangreja, Roikhatul Jannah mengatakan pihaknya sangat antusias dengan adanya Porsema ini. Menurut dia, porsema bisa menjadi  perekat antar dewan tanfidz dan santri Maddin.

“Lombanya penting. Silaturahminya juga penting. Anak-anak gembira sekali,” ujar Roikhatul.

Dalam Porsema ini, Madrasah biftahul Huda I menyabet beberapa cabang bergengsi. Yaitu, juara 1 pidato bahasa Arab , juara 1 kaligrafi, juara 2 puisi, juara 2 Imla’, juara 3 pidato bahasa Indonesia.

“Insyalloh lainnya menyusul hasil ahir mata lomba takhfidz dan murrotal,” jelasnya.