Desa Cingebul Adakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Buatan

CINGEBUL.DESA.ID –  Bertempat di Balai Desa Cingebul (Senin, 9 September 2019), Pemerintah Desa Cingebul mengadakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Buatan (Complete Feed).

Mendatangkan narasumber dari Balai Penyuluh Kecamatan Lumbir, yakni Sumarsono, SP. & Dian Adha Sari, A. Md., serta dibuka oleh Kepala Desa Cingebul, Sugeng Riyadi. Kegiatan pelatihan yang didanai Dana Desa APBDes 2019 ini, diikuti oleh 30 petani perwakilan 5 Kelompok Tani se-Desa Cingebul, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas.

Bahan-bahan yang digunakan dalam Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak ini terdiri dari onggok limbah tapioka, rumput gajah/odot (HPT), dedak/katul, garam krosok, mineral (feed supplement), Probiotik (EM 4), Tetes/Molases.

Kepala Desa Cingebul Sugeng Riyadi dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan pelatihan bidang pemberdayaan masyarakat desa, warga Desa Cingebul bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat khususnya para petani dan peternak.

Mayoritas masyarakat Desa Cingebul bermata-pencaharian sebagai petani, termasuk di dalamnya tani ternak. Tercatat sebanyak 2.145 jiwa adalah petani (IDM, 2019).

Dian Adha Sari, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Balai Penyuluhan Kecamatan Lumbir, berharap agar peserta pelatihan bisa menerapkan dan mempraktekkan metode pembuatan pakan ternak buatan. “Mengingat pembuatan pakan buatan ini sangat menghemat tenaga, terlebih di musim kemarau sangat sulit mencari pakan hijauan, alternatif paling tepat ya membuat pakan buatan. Kita juga berharap supaya metode tersebut bisa dikembangkan kepada anggota lainnya yang tidak mengikuti pelatihan”, tambah Dian.

Sutarno dari Kelompok Tani Wanajaya menyambut positif kegiatan ini, “Dengan adanya pelatihan bagi masyarakat khususnya petani, manfaatnya dapat memberi pengetahuan baru serta bisa dikembangkan pada kelompok tani di Desa Cingebul, mengingat cara pembuatan pakan ini sangat efisien”, ungkapnya.

Menurut rencana, rangkaian pelatihan berikutnya juga akan mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pembibitan tanaman. (/Bas)

Satu tanggapan untuk “Desa Cingebul Adakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Buatan

  • 11 September 2019 pada 5:28 pm
    Permalink

    Alhamdulillah, aktif maning website e. Dadi ngerti kabar neng ndesa.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *